Apa itu SQL
Apa itu SQL

Apa itu SQL? (Structured Query Language)

profil
Febri Hidayan
25 November 2020 ยท Baca 3 menit

Mulai hari ini!, jadilah diri Anda yang lebih tahu apa itu Structured Query Language dan kenapa Anda harus mempelajarinya. Serta apa saja yang bisa Anda manfaatkan selama bermain-main dengan SQL, ini bukan omong kosong belakang. Anda wajib mempelajari yang satu ini, kalau tidak Anda akan ketinggalan dan kebingungan untuk mengelola basis data.

Daftar isi:

Baca juga:

Apa itu SQL?

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa standar untuk manipulasi dan membuat kueri data dalam sistem manajemen basis data relasional. Adanya SQL, Anda dapat membuat kueri, memperbarui, mengatur ulang data, serta membuat dan mengubah skema sistem basis data dan mengontrol akses ke data.

Apakah SQL bahasa pemograman?

Mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang ini kepada seorang guru, dosen, atau bahkan kerabat Anda. Lihat penjelasannya dibawah ini:

  • Kalau Anda berfikir SQL adalah bahasa maka Anda sudah benar memikirkannya. Bahasa SQL menawarkan arahan, variabel, perulangan, logika, dan sebagainya. Akan tetapi SQL bukanlah bahasa yang sama seperti PHP, Python, Java, atau lainnya.
  • Fakta yang menarik SQL sebagai bahasa generasi keempat (4GL) yaitu bahasa pemograman yang mirip dengan bahasa manusia daripada bahasa tingkat tinggi seperti Python , Java, atau PHP yang sulit dipengerti.

Kenapa harus belajar SQL?

Hal yang baik tentang SQL ialah bahasa yang intuitif dan mudah dipelajari karena baris perintahnya mudah dipengerti. Meskipun begitu mudah Anda harus hati-hati, karena ini tidak berarti akan menjadi tugas yang sederhana. Setiap bisnis yang akan diselesaikan memiliki proses data yang berbeda-beda dan butuh analisis yang kuat, wajar saja kalau bekerja dibidang ini dibayar sangat mahal.

Meskipun begitu SQL adalah bahasa yang sangat diminati dan populer diseluruh dunia. Saya akan mengambil data survei dari situs Stack Overflow, berdasarkan hasil di tahun 2020 menunjukan bahwa SQL menjadi urutan 3 teratas:

  1. JavaScript 67.7%
  2. HTML/CSS 63.1%
  3. SQL 54.7%
  4. Python 44.1%
  5. Java 40.2%

Survei dari Stack Overflow

Maka dari itu SQL adalah sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja dan menjadi peluang yang baik untuk Anda.

Pilih platform SQL yang sesuai

Mungkin sekarang Anda telah memikirkan untuk belajar SQL dari sekarang, tetapi tidak semudah itu untuk dibayangkan. Karena Anda perlu menginstal sistem manajemen basis data atau database management system (DBMS) yang biasanya orang-orang mengatakan basis data. Hal yang perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa DBMS yang sangat populer di dunia, semuanya didasarkan oleh SQL. Berdasarkan hasil survei dari situs Stack Overflow menunjukan bawah DBMS yang populer ditahun 2020 ialah:

  1. MySQL 55.6%
  2. PostgreSQL 36,1%
  3. Microsoft SQL Server 33,0%
  4. SQLite 31,2%
  5. MongoDB 26,4%

Survei dbms dari Stack Overflow

Saya sendiri menggunakan MySQL karena beberapa alasan, antara lain:

  1. Lebih mudah digunakan pada aplikasi PHPMyAdmin,
  2. Dukungan yang sudah banyak di layanan hosting,
  3. Kurikulum sekolah atau kuliah menggunakan MySQL, dan
  4. Kebanyakan perusahan atau jasa pembuatan aplikasi menggunakan MySQL.

Akan tetapi saya tidak haruskan Anda untuk menggunakan MySQL dan Anda bebas menggunakan platform dbms manapun. Hampir semua perintah SQL yang umum bisa diterapkan dan hanya sebagian variabel kadang berbeda di beberapa DBMS.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih ๐Ÿ˜Š