Febri Hidayan <a href="https://unsplash.com/@vishnurnair" target="_blank">Vishnu R Nair</a> ONON <a href="https://unsplash.com" target="_blank">Unsplash</a>
Febri Hidayan Vishnu R Nair ONON Unsplash

Cara Install Laravel di Windows

profil
Febri Hidayan
14 December 2020 ยท Baca 3 menit

Hai semuanya, pasti sudah tidak heran dengan nama kerangka kerja yang satu ini yaitu Laravel. Pengembangan Laravel sangat signifikan dan mengagumkan untuk Anda bahas di lain waktu. Laravel salah satu kerangka kerja PHP terpopuler dengan fitur yang banyak dan kemudahan dalam proses pengembangan aplikasi yang satu ini. Jadi!, tidak ada salahnya kalau Anda belajar kerangka kerja Laravel. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapan untuk menginstal Laravel pada Windows.

Daftar isi:

Baca juga:

Persiapan

Siapkan beberapa aplikasi yang sudah di install yaitu:

Menginstal Laravel

Ada dua cara yang diberikan pada dokumentasi dari Laravel yang pertama ialah menggunakan langsung dengan Laravel Installer dan kedua dengan Composer created-project. Saya sendiri menggunakan cara pertama untuk menginstal Laravel, alasannya agar mudah menambahkan proyek baru pada saat install Laravel. Silakan buka cmd Anda terlebih dahulu untuk menginstal packages Laravel.

Laravel Installer

Silakan gunakan perintah composer dibawah ini untuk menginstal Laravel Installer.

composer global require laravel/installer

Setelah proses instalasi selesai Anda bisa menentukan direktori proyek Laravel Anda, misalnya di partisi D: pada Windows Anda. Kemudian lakukan perintah dibawah ini.

laravel new proyekbaru

Composer Created Project

Apabila menggunakan cara ini, diusakan direcktori Anda tidak pada user/ Windows. Silakan coba dengan perintah ini.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel proyekbaru "7.*"

Menjalankan Proyek Laravel

Pada saat menjalakan proyek Laravel, Anda sudah masuk ke direktori dengan nama proyekbaru kemudian lakukan perintah dibawah ini. Kemudian akses http://localhost:8000 untuk melihat tampilan dari Laravel.

php artisan serve

Cara diatas untuk menjalan Laravel secara peladen lokal dengan ini Anda bisa mengembangkan proyek baru Laravel di Windows terlebih dahulu. Cara tersebut tidak asing lagi bagi pengembang Laravel dengan perintah artisan.

Cara menganti nama host dan port

Pasti sampai sini ada hal yang perlu dipertanyakan. Seperti, bagaimana cara menganti alamat host dan port laravel? silakan coba seperti ini.

php artisan serve --host=127.0.0.1 --port=8080

Cukup mudah bukan!.

Seandainya Anda ingin menggunakan host lain, maka Anda bisa mencoba perintah ipconfig pada cmd. Kemudian lihat IPv4 Address? ternyata ada ip lainnya yang bisa digunakan, misalnya ip 192.168.43.88, maka jalan perintah ini kemudian host tersebut menjadi di http://192.168.43.88:8000

php artisan serve --host=192.168.43.88

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih ๐Ÿ˜Š