Cover Cara Install Netbeans
Cover Cara Install Netbeans

Cara Install Netbeans di Windows

profil
Febri Hidayan
05 December 2020 ยท Baca 5 menit

Hari ini Anda harus mencoba cara menginstal Netbeans versi 12 yang sebagian dari kebanyakan orang masing menggunakan versi 8. Maka tidak ada salahnya untuk menginstal versi yang lebih baru.

Daftar isi:

Baca juga:

Apa itu Netbeans

Berdasarkan pengertian yang saya liput dari Wikipedia, NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Serambi Pada NetBeans, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan dimulai dari setelan perangkat lunak modular bernama modules. Semula aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan bagi pengembangan dalam Java.

Jadi Anda bisa mengembangkan aplikasi desktop dengan bahasa Java dan juga sebagai cara awal belajar bahasa Java. Akan tetapi ada beberapa fitur tambahan agar Anda bisa menggunakan Netbeans untuk bahasa PHP.

Cara Menginstal Netbeans

Mengunduh Netbeans 12

Saya sangat menyarankan untuk menggunakan veri 12 LTS (Long Term Support) karena memiliki dukungan jangka panjang dari siklus hidup produk yang lebih stabil dan memiliki jangkauan waktu yang lebih lama dari selain LTS. Silakan masuk ke situs resmi Apache Netbeans kemudian masuk ke halaman Download lihat di menu, kemudian lihat gambar dibawah ini:

gambar 1

Menjalankan instalasi Netbeans

Jika selesai mengunduh masuk ke direktori Downloads kemudian klik dua kali pada aplikasi yang mau di install, tunggu beberapa saat hingga hingga aplikasi instalasi muncul.

gambar 2

Sesuaikan paket instalasi

Jika Anda ingin memilih paket instalasi silakan klik Customize, silakan pilih paket yang Anda inginkan. Akan tetapi saya hanya menghapus paket PHP saja, karena saya tidak akan menggunakan Netbeans untuk PHP. Atau Anda bisa langsung klik Next bila ingin menginstal seluruh paket Netbeans. Lihat gambar berikut:

gambar 3

Direktori instalasi

Pilih direktori instalasi untuk dimana aplikasi akan disimpan baik aplikasi Netbeans IDE dan JDK (Java Development Kit), saya menyarankan biarkan saja secara bawaan. Lihat gambar berikut:

gambar 4

Hilangkan centang updates dan total ukuran apikasi

Agar proses instalasi lebih cepat dan tidak perlu koneksi ke internet silakan untuk menghilangkan tanda centang pada Check for updates. Hal ini akan mengecek apakah ada pembaruan terhadap paket Netbeans atau tidak, kalau ada maka akan mengunduh di latar belakang. Anda harus menyiapkan ruang penyimpanan sebanyak 669,9MB atau lebih dari itu untuk menginstal aplikasi Netbeans. Kemudian klik Install dan lihat gambar berikut:

gambar 5

Selesai instalasi

Jika proses instalasi selesai maka Anda bisa melanjutkan tutorial dibawah ini untuk membuat projek pertama Anda. Anda juga harus menyiapkan satu instalasi yang diperlukan.

Lebih lanjut dengan Netbeans

Buka aplikasi Netbeans

Sialakan buka aplikasi Netbeans dengan cara tekan tombol Windows kemudian cari Apache Netbeans IDE 12.0 kemudian klik, tunggu aplikasi tampil dan memuat modul yang diperlukan. Lihat gambar berikut:

gambar 6

Simak penjelasan berikut ini untuk memulai projek aplikasi Anda:

  1. Klik tombol New Project atau Anda bisa tekan Ctrl + Shift + N,
  2. Pilih Java with Ant pada kolom Catagories,
  3. Pilih Java Application pada kolom Projects, dan
  4. klik Next.

Unduh JavaFX Implementation

Saya mengharapkan Anda untuk koneksi ke internet agar bisa mengunduh paket JavaFX, paket ini digunakan untuk membuat dan mengirim aplikasi desktop serta aplikasi internet yang dapat berjalan di beberapa perangkat. Berikan centang pada JavaFX Implementation for Windows dan klik Download nad Active, lihat gambar berikut:

gambar 7

Syarat dan instalasi JavaFX

Berikan tanda centang untuk menyetujui persyaratan lisensi GPL (General Public License) untuk plugin JavaFX, kemudian klik Install dan tunggu proses instalasi selesai. Lihat gambar berikut:

gambar 8

Buat nama berkas dan lokasi direktori

Sekarang saatnya Anda membuat aplikasi baru Java dan lihat gambar berikut:

gambar 9

Berikut penjelasannya:

  1. Buat nama projek sesuai keinginan Anda, saya mencontohkan dengan HaloDunia,
  2. Simpan berkas projek sesuai direktori yang Anda inginkan,
  3. Berikan tanda centang Create Main Class untuk memberikan Class disetiap berkas Java, secara otomatis menyesuaikan nama projek, dan
  4. Klik Finish bila konfigurasi selesai dan tunggu beberapa saat.

Jalankan berkas dan skrip Java

Sekarang tampilan projek Anda sudah selesai, tetapi tunggu belum sampai disitu. Silakan salin skrip Java dibawah ini berdasarkan pada gambar dibawah:

System.out.println("Halo Dunia");

Ada beberapa cara untuk menjalankannya tanpa harus menekan tombul Run di menu aplikasi yaitu tekan F6 atau Shift + F6, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini:

gambar 10

Selamat Anda sudah berhasih mengikuti tutorial ini dengan baik dan benar, semoga tutorial ini bermanfaat.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih ๐Ÿ˜Š