Febri Hidayan <a href="https://unsplash.com/@karthikswarnkar" target="_blank">Karthik Swarnkar</a> ONON <a href="https://unsplash.com" target="_blank">Unsplash</a>
Febri Hidayan Karthik Swarnkar ONON Unsplash

Menambah dan Menghapus Field Request Laravel

profil
Febri Hidayan
03 June 2021 ยท Baca 2 menit

Sebagian diantara Anda mungkin sudah mengenal atau tahu bagaimana cara menambahkan field dari permintaan (request). Tentu Anda juga bisa remove field yang tidak diperlukan, banyak alasan tertentu untuk menghapus atau menambahkan data tersebut. Misalnya dari kasus yang pernah saya alami ialah untuk menambahkan field user_id yang sudah masuk pada aplikasi, maka saya tidak perlu lagi menambahkan field tersebut dari permintaan sisi klien. Maka dari itu biar lebih aman, maka saya harus menambahkan dari sisi peladennya. Yaitu dengan cara menambahkan field request user_id kemudian nilainya dari pengguna yang sudah masuk ke aplikasi.

Menambahkan Field Request

Pada kasus ini merupakan kasus saya seperti penjelasan di atas, tentu ini sangat penting karena akan menambahkan field dan nilainya berdasarkan penggunaan yang sudah masuk ke aplikasi. Tentu saja dalam kasus lain juga bisa atau ingin menambahkan field type secara asali.

$request->merge([
    'user_id' => auth()->id()
]);

dd($request->all());

Menggunakan metode merge() akan menambahkan field yang tidak ada sebelumnya pada data request tentu hal ini bisa membantu menambahkan field langsung.

Menghapus Field Request

Ada banyak cara yang pernah saya temui untuk menghapus field dari request akan tetapi banyak yang tidak bisa. Setelah saya tes dengan $request->all() field tetap ada, jadi saya sudah mendapatkannya dengan cara dibawah ini.

$request->replace(
    $request->except('type')
);

dd($request->all());

Jika data request dengan nama field type ada sebelumnya, setelah melakukan replace dan except maka field tersebut akan terhapus. Kenapa ini bisa di lakukan? Karena field yang di kecuali akan di buang dan data request akan di ulang yaitu dengan replace.

Sampai disinilah pembahasannya dan selamat mencoba.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Belajar dari sekarang untuk meningkatkan ilmu dan karirmu. Amati Tiru Modifikasi