Koneksi ke Database MySQLi OOP

Pada koneksi basis data Anda akan menggunakan PHP mysqli object-oriented interface dimana pengguna dapat memilih menggunakan antarmuka berbasis objek. Saya juga suka menggunakan Mysqli OOP agar saya terbiasa menggunakan konsep OOP.

Daftar isi:

Baca juga:

Koneksi mysqli PHP OOP

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai koneksi ke basis data antara lain host, username, password, dan database. Masing-masing diterapkan pada parameter mysqli(host, user, pass, db). Masukan skrip dibawah ini di berkas config.php:

$host = 'localhost';
$user = 'root';
$pass = '';
$db = 'kampus';

$conn = new mysqli($host, $user, $pass, $db);

if (!$conn) {
    die('Koneksi gagal: ' . $conn->connect_error);
}

Catatan: Anda bisa menghilangkan pernyataan if tersebut dan hal itu tidak menjadi masalah.

Contoh koneksi cepat

Berikut adalah contoh cepat yang mana Anda bisa langsung menyisipkan pada parameter.

$conn = new mysqli('localhost', 'root', '', 'kampus');

Memecahkan kesalahan koneksi

Berikut ini saya jabarkan beberapa kesalahan yang sering ditemui dan hal ini sebenarnya cukup mudah diatasi.

Galat pada hostname

Jika Anda melihat kesalahan Warning: mysqli::__construct(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: No such host is known. in ... itu terjadi karena host tidak ditemukan. Anda bisa mencoba host lain yaitu 127.0.0.1 bilah host localhost tidak memadai.

Galat pada username

Jika muncul kesalahan Warning: mysqli::__construct(): (HY000/1045): Access denied for user 'roots'@'localhost' (using password: NO) in ... itu berarti user atau nama pengguna tidak ditemukan. Perhatikan nama pengguna bawaan adalah root.

Galat pada password

Jika muncul kesalahan Warning: mysqli::__construct(): (HY000/1045): Access denied for user 'root'@'localhost' (using password: YES) in ... berarti password atau kata sandi tidak sesuai dengan nama pengguna. Mohon berhatikan! Jika Anda menggunakan xampp maka kata sandi adalah karakter kosong (''). Ada dua kemungkinan kata sandi bawaan yaitu karater kosong dan root.

Galat nama basis data tidak ditemukan

Kesalahan ini diperoleh karena basis data tidak ditemukan, kemungkinan Anda salah memasukan nama basis data. Periksa kembali dan lihat nama basis data di PHPMyAdmin jika Anda menggunakan MySQL.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih 😊