Konfigurasi Dasar Laravel

Pada kerangka kerja Laravel yang memiliki fitur untuk konfigurasi beberapa perubahan data bawaan seperti nama, bahasa, waktu, dan lainnya. Ada beberapa cara konfigurasi dasar yaitu melakukannya pada direktori config secara langsung atau di berkas .env yang terletak pada direktori root Laravel Anda. Sebenarnya semua konfigurasi berada pada direktori config, sedangkan berkas .env hanya sebagian umum saja.

Daftar isi:

Nama aplikasi

Jika Anda ingin mengubah nama aplikasi silakan buka berkas .env disana terdapat variabel APP_NAME, berikut contohnya:

APP_NAME="Febri Hidayan"

Catatan: Gunakan tanda kutip jika nama aplikasi lebih dari satu kata.

Mode pengembang dan produksi

Jika Anda sedang melakukan pengembangan aplikasi Laravel maka mode pengembangan diperlukan untuk menampilkan semua informasi galat bila terjadi kesalahan. Jika dalam produksi maka semua informasi galat harus disembunyikan, berikut pilihan konfigurasi pada berkas .env.

Contoh mode pengembang

APP_ENV=local
APP_DEBUG=true

Contoh mode produksi

APP_ENV=production
APP_DEBUG=false

Alamat URL aplikasi

Secara bawaan alamat aplikasi adalah http://localhost, Anda bisa menambahkan port pada url localhost seperti http://localhost:8000. Bila sudah produksi Anda bisa mengubanya dengan alamat domain Anda, seperti berikut:

APP_URL=https://sekolahprogram.com

Mengubah waktu di Indonesia

Sayangnya konfigurasi ini tidak bisa dilakukan pada berkas .env, Anda harus membuka berkas app.php pada direktori config. Gulir kebawah hingga menemukan timezone ganti dengan Asia/Jakarta untuk WIB, berikut contohnya:

'timezone' => 'Asia/Jakarta'

Catatan: Anda bisa mengubahnya dengan WITA (Asia/Makassar) dan WIT (Asia/Jayapura).

Menggunakan bahasa Indonesia

Konfigurasi bahasa juga dilakukan pada berkas app.php, saya melihat ada 3 hal yang saya akan jelaskan yaitu:

Konfigurasi lokal aplikasi

Lokal aplikasi menentukan bahwa lokal bawaan yang akan digunakan untuk penyedia layanan terjemahan, maka aplikasi Laravel akan menerjemahkan menggunakan bahasa yang telah ditentukan. Ganti sebagai berikut:

'locale' => 'id'

Catatan: Agar penerjemahan berjalan lancar ikuti penjelasan selanjutnya.

Lokal pengembangan aplikasi

Hasil terjemahan tidak akan berjalan lancar sebelum melakukan konfigurasi yang satu ini. Jika Anda ingin menggunakan bahasa Indonesia silakan unduh berkas yang diperlukan untuk direktori id pada Laravel Lang, pada repositori tersebut sudah terdapat hasil terjemahan Indonesia. Berikut tata cara memindahkannya:

lang-master
|-- src
    |-- id

laravel
|-- resource
    |-- lang
        |-- en
        |-- id

Jadi salin direktori id dari lang-master kemudian pindahkan ke aplikasi Laravel Anda, sesuaikan dengan struktur direktori yang saya tampilkan diatas. Jangan lupa ubah juga fallback_locale, sebagai berikut:

'fallback_locale' => 'id'

Lokal Faker

Sedangkan lokal Faker akan digunakan untuk pustaka PHP Faker untuk membuat data palsu pada basis data seeder Anda. Konfigurasi ini opsional jadi Anda boleh biarkan secara bawaan atau menggubanya, seperti berikut:

'faker_locale' => 'id_ID'

Sumber: Docs Laravel