Pengenalan Singkat Flutter

Apa itu flutter ?

Flutter adalah framework SDK yang dikembangkan oleh tim google untuk membuat aplikasi user interface yang dapat berjalan pada aplikasi android , IOS , aplikasi web dan aplikasi desktop dengan menggunakan Single Code Base bahasa pemrograman dart. Agar bertujuan mempermudahkan saat pengembangan dan membangun sebuah aplikasi. Seperti yang disebutkan di official website nya.

image

Kelebihan yang dimiliki flutter

Flutter memiliki kelebihan tersendiri yaitu performa seperti halnya aplikasi native, lalu material desain yang sangat fleksibel dan menarik, selain itu flutter memiliki fitur Hot Reload yang memudahkan proses development.

Mengapa Menggunakan Flutter ?

Flutter menjadi salah satu opsi yang bagus untuk membangun sebuah aplikasi berbasis android, IOS, web dan desktop hanya menggunakan satu bahasa pemrograman yaitu Dart. Berikut ini beberapa alasan mengapa menggunakan flutter berbagai pandangan sebagai user, developer, desainer:

  • Sebagai User, flutter dapat membuat tampilan User Interface terlihat sangat menarik untuk sebuah aplikasi, dan dapat meningkatkan penggunaan sebuah aplikasi tersebut.

  • Sebagai Developer, flutter menyediakan kemudahan untuk kita sebagai seorang developer pemula yang baru berkecimpung di dunia mobile apps, flutter menyediakan widget dan beberapa function yang mudah dipelajari sehingga kita dapat membangun sebuah aplikasi berbasis multiplatform,

  • Sebagai Desainer UI, flutter menggunakan sebuah widget sebagai membuat tampilan user interface dengan membuat semua bagiannya menggunakan widget maka seorang desainer user interface mengatur secara penuh tampilan UI (user interface), fungsi dan setiap animasi pada setiap pixelnya.

Apa Itu Widget ?

Semua komponen yang berhubungan dengan flutter adalah widget, sederhananya tampilan pada flutter merupakan kumpulan dari widget seperti tombol, text, image, label, icon dan lain sebagainya.

Properti Pada Widget

Setiap widget yang terdapat di flutter memiliki properti, misalnya saja kita ingin membuat tampilan text lalu kita ingin mengubah warna textnya menjadi warna merah dan tulisannya kita ubah ukurannya, lalu text kita tebalkan. Untuk melakukan itu semua maka kita bisa atur melalui propertinya.

class MyHomePage extends StatelessWidget {
  @override
  Widget build(BuildContext context) {
    return Scaffold(
      appBar: new AppBar(
        title: new Text('sekolahprogram'),
        backgroundColor: Colors.blue,
      ),
     
    );
  }
}

Dari potongan kode di atas bahwa ciri widget diawali dengan huruf kapital dia berupa class MyHomePage dan code diatas juga memiliki widget Scaffold,AppBar, dan Text. Lalu Widget Scaffold memiliki properti appBar dan widget AppBar properti title dan backgroundColor.

Rangkuman

Pada bab kali ini kita hanya berkenalan secara singkat tentang flutter, dari penjelasan apa itu flutter, kelebihan flutter, mengapa menggunakan flutter, dan berkenalan sedikit dengan widget serta propertinya. Materi berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara install flutter dan membuat program pertama kita.

referensi :