Persiapan REST API

Ada beberapa alasan kenapa seseorang pengambang (personal) ataupun perusahaan ingin membuat web service kedalam sistem layanannya. Adapun web service juga disebut sebagai WEB Application Programming Interface yang memungkinkan dua atau lebih sistem yang akan saling berkomunikasi satu sama lain, seperti layanan Sekola Program yang menyediakan REST API sendiri dan digunakan pada bagian klien. Jadi, jika Anda sudah memiliki layanan yang cukup besar ataupun hanya ingin membuatnya maka pilihkan ini akan lebih baik. Terutama untuk memisahkan antara peladen (server) API dan klien, tentu dengan satu peladen API bisa digunakan di beberapa aplikasi klien.

Daftar isi:

Apa Itu WEB API

Application Programming Interface yaitu sebuah perangkat yang memungkinkan suatu pengembang untuk melakukan integrasi dan mengizinkan dua atau lebih aplikasi yang berbeda yang saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain.

Adanya API membuat aplikasi berbeda saling berbagi data satu sama lain yang bertujuan untuk mempercepat suatu proses pengembang aplikasi. Caranya dengan memberikan fungsi dan izin terpisah sehingga pengembang tidak perlu lagi membuat fitur yang serupa. Terutama pada layanan Google misalnya yang menyediakan API untuk akses authentikasi (maksudnya: masuk aplikasi menggunakan Google) atau menggunakan API Youtube. Sebagai contoh Anda bisa melihat aplikasi pihak ketiga dari Youtube.

Catatan: Masih banyak sekali pembahasan yang perlu di ketahu seputar WEB API dan perbedaan antara WEB API, REST API, atau bahkan RESTFULL API.

Memulai Dengan Basis Data

Sekarang waktunya untuk membuat nama basis data di PHPMyAdmin atau aplikasi lainnya untuk membuat basis data. Silakan buat nama basis data dengan nama restapiphp dan jalan perintah SQL dibawah ini untuk membuat tabel dan kolomnya.

CREATE TABLE `users` (
  `id` int(11) NOT NULL PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT,
  `name` varchar(40) NOT NULL,
  `email` varchar(50) NOT NULL,
  `age` int(3) NOT NULL,
  `created` timestamp NOT NULL DEFAULT current_timestamp() ON UPDATE current_timestamp()
);

Membuat Struktur Berkas

Silakan untuk membuat nama direktori dengan nama restapiphp atau bisa disesuaikan sendiri, lalu buat nama berkas sesuai daftar dibawah ini.

- config.php
- db.php
- user-create.php
- user-delete.php
- user-show.php
- user-update.php
- users.php

Catatan: Berkas db.php akan digunakan untuk bagian Bermain Dengan OOP.

Koneksi Basis Data

Pada tutorial kelas kali ini saya akan membiasakan Anda untuk bermain di OOP dengan MySQLi OOP, silakan salin dan tempelkan pada berkas config.php.

<?php

$conn = new mysqli('localhost', 'root','', 'restapiphp');

Info Lebih Lanjut

Agar bisa melakukan tes API-Nya bisa manfaatkan aplikasi Postman atau Insomnia, saya sendiri lebih rekomendasikan Insomnia. Kemudian untuk menjalankan aplikasi bisa menginstal dahulu composer yaitu Manajer Ketergantungan untuk PHP.

Buka dahulu terminal kemudian masuk ke direktori projek kelas ini lalu jalankan perintah:

php -S localhost:8080

Kemudian buka di web browser http://localhost:8080.

Catatan: Sebenarnya cara tersebut agak sedikit sulit untuk pemula, akan tetapi hal tersebut cukup baik ketimbang alamat untuk akses aplikasi menjadi http://localhost/restapiphp.