Struktur Berkas dan Koneksi Database PHP PDO

Saatnya Anda memulai untuk membuat struktur berkas sebagai langkah awal tutorial ini, Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan templat karena saya sudah menyipannya dari awal. Mohon maaf sebelumnya, karena saya tidak menggunakan kerangka kerja CSS Bootstrap yang paling banyak digunakan.

Daftar isi:

Templat dasar dengan Bulma

Agar tutorial ini tidak panjang lebar untuk membahas pembuatan templat, saya telah membuat templat dasar untuk form login dan register, bagian navbar, footer, dan juga index. Saya menggunakan kerangka kerja CSS dengan Bulma, mungkin kebanyakan diantara Anda lebih suka dengan Bootstrap, Tailwindcss, Materialize CSS. Akan tetapi kebanyakan menggunakan Bootstrap dari pada yang telah saya sebutkan sebelumnya. Jadi Anda bisa mengunduh templat dasar di repo Github dibawah ini.

Unduh berkas templat

Catatan: Anda perlu koneksi ke internet, karena saya menggunakan CDN untuk mengambil skrip CSS Bulma.

Struktur berkas

Setelah menguduh berkas templat, sialakan tambahkan berkas yang tidak ada ditemplat tersebut. Silakan lihat keperluan pada berkas dibawah ini.

  • connect.php
  • theHeader.php
  • theFooter.php
  • login.php
  • register.php
  • logout.php
  • index.php
  • admin.php
  • member.php

Koneksi ke basis data

Saya tidak menggunakan mysqli procedural atau OOP untuk koneksi ke basis data dan sebagai gantinya saya menggunakan PHP PDO. Karena PDO merupakan interface universal yang disediakan oleh PHP untuk berkomunikasi dengan basis data. Jadi dengan menggunakan PDO Anda tidak perlu khawatir untuk migrasi DBMS, hanya melakukan beberapa konfigurasi pada driver yang sudah didukung oleh PDO. Anda bisa membaca lebih dalam untuk driver yang sudah didukung disini PDO Drivers.

Silakan untuk menyalin skrip di bawah ini dan letakan pada berkas connect.php yang sebelumnya sudah Anda buat.

<?php

$conn = new PDO('mysql:host=localhost;dbname=tutorial_loginregister;', 'root', '');

Catatan: Pada PDO terdapat 3 parameter wajib pertama itu sebagai dns-Nya, kedua username, dan ketiga password. Anda bisa membaca lebih jauh tentang penggunaan dns dari tautan yang PDO Drivers.


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih 😊