Tag, Atribut, dan Elemen HTML

Sebagai tahap awal untuk memulai belajar HTML tidak ada salahnya Anda memahami dan mengenal apa itu tag, atribut, dan elemen pada HTML. Jika Anda sudah pernah mengenal hal ini tidak ada salahnya Anda untuk belajar kembali atau melompati tutorial ini.

Daftar isi:

Apa itu tag

Tag merupakan sebuah penanda awal dan akhir yang terdapat pada semua elemen terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Berikut contohnya:

<h1>isi konten</h1>

Catatan: <h1> ialah tag pembuka dan </h1> ialah tag penutup.

Seperti apa itu atribut

Setiap tag HTML memiliki atribut secara bawaan dan ada atribut secara global seperti class dan id. Atribut terdiri dari nama yaitu nama dari sebuah atribut dan nilai sebagai informasi yang akan dilakukan dari atribut. Berikut contohnya:

<a href="http://sekolahprogram.com" target="_blank">Sekolah Program</a>

href dan target adalah nama atributnya diikuti dengan nilai dari sebuah atribut.

Catatan: Perlu diketahui nilai dari sebuah atribut ada yang sudah ditentukan dan ada nilai yang tidak ditentukan secara bawaan.

Mengenal elemen HTML

Elemen HTML ditentukan dari tag awal, isi konten, dan tag akhir. Sebenarnya contoh yang telah di lakui diatas itu merupakan semuah elemen HTML. Saya harap Anda memahami perbedaan mana yang tag dan mana yang atribut. Sebagai contoh elemen yang berbeda, berikut ini:

<p> ini <small>konten</small> dari <i>semua</i> elemen</p>