Text Formatting HTML

Jika Anda pernah menggunakan MS Word kemudian ingin menggunakan huruf tebal, miring, garis bawah, atau lainnya. Maka semua itu bisa dilakukan di HTML dengan mengenal tag-tag khusus untuk mendefinisikan teks.

Daftar isi:

Huruf tebal tag b dan strong

Pada kedua tag b dan strong memiliki kesamaan dalam membuat teks tebal, akan tetapi keduanya memiliki definisi yang berbeda. Tag <b> akan memberikan teks tebal dan tidak memiliki kepintingan ekstra. Sedangkan tag <strong> mendefinisikan teks yang sangat penting dan menampilkan dengan huruf tebal. Berikut contohnya:

<b>huruf tebal</b>
<strong>huruf tebal dan penting</strong>

Huruf miring tag i dan em

Kedua tag i dan em juga memiliki kesamaan yaitu membuat teks menjadi miring, akan tetapi keduanya juga memiliki tujuan dan definisi yang relatif beda. Tag <i> mendefinisikan bagian teks dengan suara atau suasana yang alternatif dan ditampilkan dalam huruf miring. Sedangkan tag <em> mendefinisikan teks yang ditekankan untuk menunjukkan istilah teknis, sebuah frase dari bahasa lain, nama dan lainnya. Berikut contohnya:

<i>huruf miring</i>
<strong>huruf miring dan ditekankan</strong>

Huruf garis bawah tag ins

Tag <ins> mendefinisikan sebuah teks yang telah disisipkan dalam dokumen, browser akan memberikan garis bawah pada teks yang disisipkan.

<ins>garis bawah pada teks</ins>

Huruf ditandai tag mark

Pada tag <mark> memberikan teks yang harus ditandai dan disorot, seakan-akan teks tersebut akan menjadi hal penting dari teks lainnya. Berikut contohnya:

<p>Belajar <mark>HTML</mark> dari sekarang</p>

Huruf dihapus tag del

Tag <del> akan menandai teks yang sudah dihapus dari dokumen, browser akan menampilkan teks dengan garis di tengah teks yang dihapus. Perlu diketahui sebenarnya teks tersebut bukanlah benar-benar dihapus, tetapi hanya sebagai penanda saja. Berikut contohnya:

<p>belajar bahasa PHP, <del>Python</del>, Java, dan lainnya</p>

Huruf subskrip tag sub

Tag <sub> mendefinisikan teks berbentuk subskrip yang tampil setangah dari teks lain dibawah garis normal dan ukuran fonta yang lebih kecil. Tag ini sangat cocok jika Anda ingin menulis rumus matematika atau kimia. Berikut contohnya:

<p>Rumus molekul H<sub>2</sub>O</p>

Huruf superskrip tag sup

Tag <sup> mendefinisikan teks berbentuk superskrip yang akan tampil setengah diatas karakter normal dan memiliki ukuran fonta yang lebih kecil. Jadi tag ini paling sesuai untuk membuatan catatan kaki. Berikut contohnya:

<p>HTML<sup>1</sup> disebut juga Hypertext Markup Language</p>

Bonus

Pada bonus ini saya akan pratekan ke Anda untuk membuat sebuah cerita yang seakan-akan menggunakan tag yang telah di pelajari diatas, tetapi tidak semua tag yang akan saya gunakan. Berikut contohnya:

<p>Saya berusaha lebih <mark>maju</mark> untuk belajar <i>HTML</i> tetapi saya tidak tahu untuk <strong>memulai<strong>.</p>
<p>Sekarang saatnya saya belajar <sub>langkah</sub> demi <sup>langkah</sup> agar lebih <ins>mudah</ins> memahami</p>

Catatan: Semua tag yang Anda pelajari bukan berarti harus selalu disisipkan pada tag <p>, Anda bisa menggunakannya diluar tag <p>.

Sumber: W3Schools


profil

DITULIS OLEH

Febri Hidayan

Berikan saya sponsor terbaik Anda agar saya tetap semangat menulis artikel yang bermanfaat. Terimakasih 😊